Sabtu, 16 Mei 2009

Perangkat Keras


Perangkat Keras ( Hardware )

Perangkat keras hardware merupakan perangkan keras dari semua perangkat yang ada pada CPU. Beberapa perangkat keras tersebut adalah : 

1. Processor 
2. Memory 
3. Harddisk 
4. Mainboard ( Matherboard )
5. VGA

1. Prosesor mengeksekusi program-program komputer. Prosesor adalah sebuah chip dalam sistem komputer yang menjalankan instruksi-instruksi program komputer. Dalam setiap detiknya prosesor dapat menjalankan jutaan instruksi.

2. Kartu memori adalah sebuat alat penyimpan data digital; seperti gambar digital, berkas digital ,suara digital dan video digital. Kartu memori biasanya mempunyai kapasitas ukuran berdasarkan standard bit digital yaitu 16MB, 32MB,64MB, 128MB, 256MB dan seterusnya kelipatan dua. Kartu memori terdapat beberapa tipe yang sampai sekarang ini ada sekitar 43 jenis. Jumlah kapasitas terbesar saat ini adalah tipe CF (Compact Flash) dengan 8 GB (info : 1 GB = 1024MB, 1048576KB). Untuk membaca data digital yang disimpan didalam kartu memori kedalam komputer, diperlukan perangkat pembaca kartu memori.

3. Harddisk adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB. Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar

Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

4. Motherboard (mainboard) adalah sebuah papan rangkaian elektronik utama yang menjadi landasan dari komponen-konponen lainnya diantaranya processors, memori, video graphic acceleration (VGA), souncard dan lain-lain dalam slot-slot/soket yang tersedia. Penggunaan jenis processor akan sangat mempengaruhi pemilihan motherboard.
Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Untuk tipe-tipe board ini banyak sekali. Namun kualitas motherboard ini ditentukan dengan chipset yang tertanam didalamnya seperti SIS, Nvidia Nforce, INTEL, VIA dan lainya.

Processors, dapat dikatakan sebagai "otak" dari sebuah komputer. Berbentuk segi empat dengan ukuran bervariasi sekitar 4 cm x 4 cm serta memiliki banyak kaki kecil. Terdiri dari ribuan transistor (IC) dalam ukuran mikro. Kecepatan (MHz atau GHz) sering menjadi perhatian dalam memilih sebuah processor, namun demikian feature-feature lain juga akan mempengaruhi performanya.

5. Kartu VGA ( Video Graphics Adapter ) adalah komponen yang tugasnya menghasilkan tampilan secara visual dari komputer kalian. Hampir semua program menghasilkan keluaran visual, kartu VGA adalah hardware yang memberikan perintah kepada monitor untuk menampilkan keluaran visual yang dapat kita lihat. 

Faktor yang perlu diperhatikan

1. Software

Perhatikan jenis software yang kalian pergunakan. Software yang beredar di pasaran sekarang ini, terutama untuk jenis game banyak yang memerlukan “3-D Acceleration”, jika kalian merupakan penggemar berat dari game sudah waktunya mengupgrade kartu VGA kita dengan kartu VGA yang menggunakan chip model terbaru, seperti 3dfx Voodoo 3, ATI Rage 128, Matrox G400, nVidia Riva TNT2 yang sudah memakai memori mulai dari 16MB sampai dengan 32MB (mungkin juga lebih). 

Apakah kalian merupakan pengguna dari AutoCAD, Lightwave 3D, atau paket profesional 3D lainnya ? Untuk ini kalian membutuhkan kartu VGA yang sudah memiliki feature OpenGL yang baik dan jika kalian membutuhkan “real-time previews” maka diperlukan jumlah RAM yang besar. 

Apakah kalian merupakan fans dan pemakai dari Adobe Photoshop, QuarkXPress, atau pengolah grafis 2D lainnya ? Untuk ini kalian membutuhkan kartu VGA dengan kecepatan yang tinggi yang mensupport “refresh rate” yang tinggi pada resolusi yang tinggi pula, pada umumnya membutuhkan kartu VGA dengan memori sedikitnya 16MB. 

Jika kalian menghabiskan sebagian waktu kalian dengan Microsoft Word, Quicken, atau Netscape ? Aplikasi bisnis pada umumnya dapat bekerja baik dengan hampir semua jenis kartu VGA yang ada di pasaran, seperti : S3 Savage, ATI Rage Pro, ataupun Intel i740. 

2. Harga

Berapa jumlah dana yang kalian harus persiapkan ? mungkin kalian memimpikan untuk memiliki kartu VGA yang dapat diperlukan untuk segala macam keperluan dari games sampai aplikasi bisnis, tapi apabila dana kalian terbatas tentu sulit sekali untuk mendapatkannya. Mungkin sebagai gambarannya apabila kalian memiliki budget kurang dari USD 50 kalian hanya akan mendapatkan kartu VGA yang mendukung aplikasi 2D, sedangkan untuk kartu VGA yang diperlukan untuk menjalankan game-game 2D/3D dengan baik mungkin memerlukan sekitar USD 100 – USD 300, dan untuk pengguna aplikasi grafis profesional yang memerlukan dana bisa melebihi dari USD 1000 

3. Sistem komputer yang dipergunakan 

Kartu 3D Accelerator tercepat yang ada di bumi ini tidak akan berguna apabila CPU yang kalian miliki tidak memadai. Sebuah Pentium 200Mhz MMX tidak dapat memberikan hasil yang maksimal pada kartu 3D yang cepat. Jadi lebih baik apabila memikirkan sistem yang seimbang. Sebagai contoh CPU seperti AMD K6-2/3 dan AMD K7 dan Intel Pentium II/III mempunyai instruksi khusus yang meningkatkan performa lebih maksimal dalam mengolah data grafis. Jangan sampai terjadi “bottleneck” karena tidak seimbangnya sistem komputer kalian. 

Kedua, jika kalian memiliki sistem komputer yang hanya memiliki slot jenis PCI (tidak memiliki slot AGP), hal tersebut akan menjadi keterbatasan dalam memilih jenis kartu VGA, karena tidak semua kartu VGA yang terbaru memiliki interface PCI contohnya Matrox G400. Dan juga apabila chip graphis tertanam di dalam motherboard PC kalian kemungkinan tidak dapat diupgrade. Banyak dari motherboard yang mempunyai fasilitas AGP tapi tidak memiliki slot AGP.

Tidak ada komentar: